TEKNOLOGI PENGOLAHAN SUMBER DAYA ALAM by Sumayasa Blogspot

TEKNOLOGI PENGOLAHAN SUMBER DAYA ALAM by Sumayasa Blogspot


Chanel Youtube >>> KLIK Sumayasa Dum Edukasi

***TEKNOLOGI PENGOLAHAN SUMBER DAYA ALAM***
Sumber daya alam dapat digunakan secara langsung dan ada yang digunakan setelah melalui proses pengolahan. Pengolahan sumber daya alam bertujuan untuk menambah nilai guna dari bahan alam yang ada. Sumber Daya Alam dapat diolah secara sederhana ataupun modern
1. Pengolahan sumber daya alam secara sederhana
Merupakan Pengolahan sumber daya alam yang sebagian besar prosesnya dilakukan oleh manusia.
2. Pengolahan sumber daya alam secara modern
Merupakan Pengolahan sumber daya alam yang hampir semua prosesnya memanfaatkan teknologi mesin.

***BERIKUT BEBERAPA SUMBER DAYA ALAM YANG DAPAT DIOLAH SECARA SEDERHANA ATAUPUN MODERN***
1. Pengolahan Air
Pengolahan Air secara sederhana : air diambil dan masak untuk air minum. Pengolahan Air secara modern :teknologi penyaringan air minum, saringan air isi ulang, dan pabrik air minum mineral.
2. Pengolahan Tanah
Pengolahan Tanah secara sederhana: membajak sawah dengan sapi, dan pembuatan batu bata merah dengan tenaga manusia. Pengolahan Tanah secara modern: membajak sawah dengan mesin, pembuatan piring keramik, genteng, dan guci dengan mamanfaatkan mesin.
3. Pengolahan Hewan & Ikan
Pengolahan Hewan & Ikan secara sederhana: untuk lauk, ikan asin, dan ikan asap/ dendeng. Pengolahan Hewan & Ikan secara modern: pembuatan sosis, susu diolah menjadi keju, dan ikan diolah menjadi sarden.
4. Pengolahan Padi
Pengolahan Padi secara sederhana: Padi yang telah masak dirontokkan dengan sederhana, Padi dijemur, kemudian ditumbuk, dan di tampi untuk memisahkan gabah dengan beras. Pengolahan Padi secara modern: Padi yang telah masak dirontokkan dengan mesin, Padi dimasukkan ke mesin pengeringan, kemudian digiling, dan dimasukkan kemesin untuk memisahkan gabah dengan beras.
5. Pengolahan Kertas
Kertas berasal dari serat tumbuhan. Bahan utama yang digunakan dalam industri kertas adalah batang kayu. Kertas hanya dapat diolah secara modern. Pengolahan Kertas secara modern:Kayu dipotong dan dikupas kulitnya, Potongan kayu dicampur bahan kimia menjadi pulp, Pulp diberikan pemutih, Pulp masuk ke dalam mesin pembuat kertas, Pulp di-press, Kertas digilas, dan Kertas digulung
6. Pengolahan Karet
Pengolahan Karet hanya dapat dilakukan secara modern, Karet terbuat dari getah atau lateks dari pohon karet. Getah karet disadap dari pohon karet kemudian dikumpulkan dalam tangki besar. Getah karet ditambah dengan zat asam dan dibiarkan membeku. Proses dilanjutkan dengan menempatkan getah karet yang telah beku dalam open selama beberapa hari. Selanjutnya bongkahan-bongkahan karet siap diolah secara modern dengan memanfaatkan mesin menjadi berbagai jenis benda, seperti: Ban, Balon, Sarung tangan karet, sepatu bot, dan Bola.
7. Pengolahan Minyak Bumi
Minyak mentah yang diperoleh dari hasil tambang minyak bumi diolah menjadi berbagai bentuk bahan bakar dan bahan kimia seperti: Premium, Solar, Oli, Lilin, Semir, Bahan aspal, dan lainnya. Pengolahan ini hanya dapat dilakukan melalui alat-alat modern melalui proses refining (Pemisahan)

Terimakasih telah berkunjung di Blog kami dan membaca artikel ini. Semoga bermanfaat. Jangan lupa Kunjungi Video pembelajaran ini Klik: Video Pembelajaran Teknologi Pengolahan SDA (Silahkan diakses). Setiap Follow, Subscribe, Like, dan Share Sangat Memotovasi saya untuk terus berkarya...  Sampai jumpa.!!!

No comments:

SOAL PENILAIAN HARIAN: KELAS 6 TEMA 9 SUBTEMA 3

 SOAL PENILAIAN HARIAN: KELAS 6 TEMA 9 SUBTEMA 3 Memuat… Waktu Pengerjaan: 20:00 menit!