BUNYI & SUMBER ENERGI BUNYI by Sumayasa Blogspot

BUNYI & SUMBER ENERGI BUNYI by Sumayasa Blogspot



Chanel Youtube >>> KLIK Sumayasa Dum Edukasi

***BUNYI & SUMBER ENERGI BUNYI***

A. ENERGI BUNYI     
Bunyi merupakan segala sesuatu yang dapat didengar oleh telinga kita. Bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar yang disebut dengan sumber bunyi. Bunyi merupakan bentuk energi. Saat berbicara kita mengeluarkan bunyi.

B. SUMBER BUNYI
Setiap bunyi yang kita dengar dihasilkan dari benda yang bergetar. Ada banyak sekali contoh sumber bunyi dalam kehidupan sehari-hari, antara lain: Orang berbicara, gitar yang dipetik, Gamelan yang dipukul, Seruling yang ditiup,

C. FREKUENSI BUNYI (Jenis-jenis Bunyi)
Setiap getaran bunyi memiliki frekuensi tertentu. Frekuensi adalah banyaknya getaran dalam satu detik. Satuan frekuensi adalah Herzt (Hz). Berdasarkan frekuensinya, bunyi dibedakan menjadi: Bunyi Infrasonik, Bunyi Audiosonik, Bunyi Ultrasonik.
1. Bunyi Infrasonik
Bunyi Infrasonik, yaitu bunyi yang memiliki frekuensi kurang dari 20 Hz. Bunyi Tersebut hanya dapat didengar oleh hewan seperti jangkrik, anjing, dan gajah.
2. Bunyi Audiosonik
Bunyi Audiosonik, yaitu bunyi yang memiliki frekuensi antara 20-20.000 Hz. Bunyi Tersebut hanya dapat didengar oleh manusia.
3.Bunyi Ultrasonik
Bunyi Ultrasonik, yaitu bunyi yang memiliki frekuensi lebih dari 20.000 Hz. Bunyi Tersebut dapat didengar oleh hewan seperti kelelawar, paus, dan lumba-lumba.

D. PERAMBATAN BUNYI
Bunyi dapat didengar hingga ketelinga karena terjadi proses perambatan bunyi. Bunyi merambat melalui zat perantara (medium) benda padat, cair dan udara. Perambatan bunyi paling cepat melalui medium benda padat, kemudian benda cair, dan perambatan bunyi paling lambat melalui udara.
1.Perambatan bunyi melalui benda Padat
Perambatan bunyi melalui benda Padat. Misalnya, Bunyi detak jantung pasien merambat melalui stetoskop ke telinga dokter
2.Perambatan bunyi melalui benda Cair
Perambatan bunyi melalui benda Cair. Misalnya, Lumba-lumba menggunakan perambatan bunyi di dalam air untuk berkomunikasi dengan sesamanya.
3.Perambatan bunyi melalui Udara
Perambatan bunyi melalui Udara. Misalnya, Saat kita berbicara bunyi akan merambat melalui udara ke telinga.

E. PEMANTULAN BUNYI
Bunyi akan di pantulkan jika mengenai suatu benda. Macam-macam bunyi pantul antara lain.
1. Bunyi Pantul
Bunyi Pantul yang memperkuat bunyi asli, contohnya saat bernyanyi di kamar mandi, suara kita akan terdengar lebih nyaring. Hal ini karena jarak antara sumber bunyi dengan bidang pantul amat dekat.Sehingga bunyi pantul kembali dalam waktu singkat.
2. Bunyi Gema
Bunyi Gema adalah bunyi yang muncul setelah bunyi asli. Gema terjadi jika dinding pantul terletak amat jauh dari sumber bunyi, misalnya: Saat berteriak di tebing atau dalam gua
3. Bunyi Gaung
Bunyi Gaung adalah sebagian bunyi pantul yang terdengar bersamaan dengan bunyi asli, sehingga bunyi yang didengar menjadi tidak jelas , misalnya: Gaung terjadi dalam ruangan tertutup, Bioskop & (Studio Musik)

F. MANFAAT BUNYI PANTUL
    Pemantulan bunyi dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. misalnya:
1. Mengukur kedalaman laut
2. Mengetahui kedudukan benda dalam laut
3. Mendeteksi keretakan pada logam
4. USG dalam bidang kedokteran

Terimakasih telah berkunjung di Blog kami dan membaca artikel ini. Semoga bermanfaat. Jangan lupa FOLLOW kami untuk berlangganan secara GRATIS.!! Setiap Follow dan Like yang diberikan sangat memotivasi saya untuk terus berkarya. Kunjungi Video pembelajaran ini di: KLIK Video Pembelajaran Bunyi dan Sumber Energi Bunyi (Silahkan diakses). Terimakasih.!!!

No comments:

SOAL PENILAIAN HARIAN: KELAS 6 TEMA 9 SUBTEMA 3

 SOAL PENILAIAN HARIAN: KELAS 6 TEMA 9 SUBTEMA 3 Memuat… Waktu Pengerjaan: 20:00 menit!